Desa Bawu

Visi

“Terwujudnya Desa Bawu yang Agamis,Aman,Demokratis dan Memahami Permasalahan Masyarakat untuk Mewujudkan Perubahan Menuju Peningkatan Kwalitas Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam Sesuai dengan Potensi Desa

Secara komprehensif perwujudan visi tersebut menggambarkan harapan yang dicita-citakan kedepan oleh segenap komponen masyarakat Desa Bawu yaitu menjadikan Desa Bawu yang Agamis, Aman, dan Demokratis.

Selanjutnya, dalam rangka untuk mendapatkan kesamaan persepsi tentang makna filosofisi visi di atas maka perlu dirumuskan pengertian dari beberapa kata kunci berikut ini, yaitu:

Agamis, kondisi dan sikap masyarakat yang menjunjung tinggi nilai agama, moral dan etika yang didukung oleh imtaq dan iptek.

Aman, merupakan suasana yang kondusif dalam kehidupan masyarakat, sehingga merasa nyaman untuk berusaha dan melakukan aktivitas.

Demokratis, masyarakat dapat berekspresi menggunakan haknya, saling menghargai dan punya tanggung jawab terhadap desanya.

Berdasar hal diatas visi tersebut mengandung filosofi bahwa Desa Bawu merupakan desa dengan masyarakat yang maju serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan supremasi hukum, didukung suasana warga masyarakat yang dapat berekspresi menggunakan haknya, saling menghargai dan punya tanggung jawab sosial, serta dapat memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani.

 

 

Misi

Selanjutnya visi tersebut dijabarkan dalam misi yang pada hakekatnya di arahkan untuk mendukung  terwujudnya visi lima tahun kedepan, dengan  tujuan agar tercipta kesinambungan arah pembangunan yang diinginkan. Misi yang dirumuskan Desa Bawu untuk mengemban pencapaian visi selama lima tahun yang akan datang adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan masyarakat yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bermoral, beretika, berbudaya dengan menunjung tinggi toleransi.
  2. Menciptakan masyarakat yang rukun, damai dalam kehidupan bermsyarakat.
  3. Menciptakan masyarakat yang kondusif demi kelangsungan pembangunan desa.
  4. Mewujudkan azas musyawarah dan mufakat.

 

 

Kondisi Geografis

Desa Bawu sebagai salah satu desa di wilayah Kecamatan Batealit terletak di sebelah Timur Kota Jepara yang berbatasan dengan :

Sebelah Utara berbatasan dengan             : Desa Bantrung

Sebelah Timur berbatasan dengan            : Desa Mindahan

Sebelah Selatan berbatasan dengan          : Desa Ngabul dan Ngasem

Sebelah Barat berbatasan dengan             : Desa Pekalongan dan Kecapi

Jarak Desa Bawu ke Ibu Kota Kecamatan Batealit yaitu + 3,5 km dapat ditempuh dengan waktu + 5 menit apabila menggunakan kendaran bermotor. Sedangkan jarak ke Ibu Kota Kabupaten Jepara sejauh + 10 km dengan jarak tempuh + 15 menit apabila ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Dipandang dari ketinggian permukaan tanah dari permukaan air laut, wilayah Desa Bawu  terletak mulai dari 0 m sampai dengan 100 m. Luas wilayah Desa Bawu tercatat + 660.727 Ha, Secara administratif wilayah Desa Bawu terdiri dari 42 RT dan 08 RW.

 

 

Kantor Balai Desa Bawu

Alamat : Jalan Raya Bawu – Batealit

Kode Pos : 59461

Nomor Telp. : (0291) 4260595